Saturday 12 December 2015

struktur batuan beku


Struktur batuan beku adalah bentuk batuan beku dalam skala yang besar, seperti lava bantal yang terbentuk di lingkungan air (laut), seperti lava bongkah, struktur aliran dan lain –lainnya. Suatu bentuk struktur batuan sangat erat sekali dengan waktu terbentuknya.
Macammacam struktur batuan beku adalah :
Masif, apabila tidak menunjukan adanya fragmen batuan lain yang tertanam dalam tubuhnya.
Pillow lava atau lava bantal, merupakan struktur yang dinyatakan pada batuan ekstrusi tertentu, yang dicirikan oleh masa berbentuk bantal dimana ukuran dari bentuk ini adalah umumnya -+\.30-60  cm dan jaraknya berdekatan, khas pada vulkanik bawah laut.
Joint, struktur yang ditandai oleh kekar-kekar yang tertanam secara tegak lurus arah aliran. Struktur ini dapat berkembang menjadi columnar jointing. 
Vesikuler, merupakan struktur batuan beku ekstrusi yang ditandai dengan lubang-lubang  sebagai akibat pelepasan gas selama pendinginan. 
Skoria, adalah struktur batuan yang sangat vesikuler (banyak lubang gasnya). 
Amigdaloidal, struktur dimana lubang-lubang keluar gas  diisi oleh mineral-mineral sekunder seperti zeolit, larbonat, dan bermacam silika. 
Xenolith, struktur yang memperlihatkan adanya suatu fragmen batuan yang masuk atau tertanam ke dalam batuan beku. Stuktur ini terbentuk sebagai akibat peleburan tidak sempurna dari suatu batuan samping di dalam magma yang menerobos. 
Autobreccia, adalah struktur pada lava yang memperlihatkan fragmen-fragmen dari lava itu sendiri.